2016, Tahun Kebangkitan SUV

Share:

e-automotif.com – Mobil bertipe SUV (Sport Utility Vehicle) kerap dianggap mobil yang wah dengan harga mahal. Memang bagi pecinta SUV harus mengeluarkan kocek yang lebih dibandingkan dengan membeli mobil low MPV. Biasanya mobil SUV Terbaru memiliki spesifikasi yang lebih dibandingkan dengan MPV di kelasnya. Sebagai contoh, Low SUV Toyota Rush lebih mahal dari Low MPV Avanza karena spesifikasi Toyota Rush lebih baik dibanding dengan Toyota Avanza.

Selama beberapa tahun ini, dunia otomotif Indonesia dikuasai oleh segmen low MPV. Ditandai dengan kehadiran MPV diberbagai pabrikan otomotif seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio dan lainnya, segmen MPV memang menjadi idola di Indonesia. Tidak mengherankan jika penjualan di segmen MPV selalu memberikan kontribusi kepada pabrikan mobil.

Tahun 2016 ini, penjualan segmen SUV dinilai akan meningkat dan menunjukkan tren positif walaupun tidak seperti penjualan low MPV. Pabrikan otomotif seperti cepat merespon kondisi pasar ini dengan memperkenalkan SUV produksi terbarunya di tahun 2016 ini. Honda yang pada akhir tahun 2015 meluncurkan mini SUV Honda HR-V lalu kemudian disusul dengan SUV terbaru Honda BR-V.

Hal ini juga diungkapkan Direktur Pemasaran Honda Prospect Motor Jonfis Fandi. “Tahun 2016 ini merupakan tahunnya SUV” ujarnya seperti yang dikutip detikoto.

Prediksi ini tidak membuat pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai pemegang merek Suzuki di Indonesia lantas panik. Pihak Suzuki sampai saat ini belum meluncurkan model SUV terbaru. Walaupun begitu, tidak dapat dipungkiri pihak Suzuki sudah menyiapkan SUV teranyarnya hanya saja Pihak SIS masih enggan membeberkan kapan akan diluncurkan  di Indonesia. “Tunggu saja, kita ada kok (SUV)” ungkap Direktur Pemasaran Roda 4 SIS Makmur kepada viva news.

SUV Terbaru 2016

SUV Suzuki Grand Vitara 2016 kah ini ?

Untuk SUV kelas premium,  tidak mau kalah Mercedes dengan SUV terbarunya GL 400 dan ML 400, kemudian Toyota dengan Toyota Fortuner 2016 telah siap meramaikan persaingan SUV di 2016 ini. Sedangkan BMW hadir dengan SUV andalannya X3 dan X5 2016. Baik di kelas premium maupun di kelas low, SUV akan menjadi alternatif pilihan tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang mungkin mulai bosan dengan MPV.

Baca : SUV Mercedes Benz Terbaru 2016.

Saat ini fungsi mobil SUV mengalami pergeseran, SUV yang biasanya mengandalkan ketangguhan untuk menjelajah di segala medan menjadi lebih ke mobil keluarga yang memiliki daya angkut penumpang yang sama dengan MPV serta irit bahan bakar. Jika biasanya mobil SUV dilengkapi dengan fasilitas four wheel drive tapi saat ini juga ada SUV yang hanya menggunakan 2 penggerak roda sebagai alasan kenyamanan.

Dengan spesifikasi yang lebih baik serta kehadiran SUV dengan 7 bangku penumpang menjadikan SUV dapat juga digunakan sebagai mobil keluarga yang tangguh. Dua alasan di atas sangat tepat jika masyarakat saat ini akan lebih memilih SUV dibanding MPV.

Dilihat dari harga mobil, SUV saat ini juga banyak variant kelas dari low SUV seperti Daihatsu Terios atau Toyota Rush ada juga yang kelas middle SUV seperti Honda CR-V atau Toyota Fortuner. Untuk kelas premium, SUV lebih banyak didominasi oleh pabrikan eropa seperti Land Rover Discovery Sport, Audi Q5 atau Mercedes Benz GL-Class.

Mobil SUV Terbaru

Audi Q5

Nah anda yang mau mengganti mobil baru, SUV bisa menjadi pilihan tepat. Saat ini banyak tipe SUV yang tersedia, dari SUV yang mementingkan kenyamanan dan jumlah penumpang seperti Honda BR-V, ada juga SUV yang memfokuskan kemampuan menjelajah segala medan sekaligus tingkat kenyamanan dan jumlah penumpang seperti Toyota Fortuner.

Berita Lainnya

Kirim Komentar