ALASAN FINLANDIA MEMILIKI PEMBALAP JUARA WRC TERBANYAK

Share:

e-automotif.com – Sebastian Loeb merupakan pembalap WRC tersukses dengan raihan 7 kali juara dunia, Perancis boleh saja berbangga dengan memiliki seorang Sebastian Loeb. Secara keseluruhan perancis meraih 8 kali juara dengan dua pembalapnya yaitu Sebastian loeb 7 kali dan Didier Auriol 1 kali juara pada tahun 1994. Finlandia sendiri menempati urutan pertama dari jumlah keseluruhan juara WRC yaitu dengan torehan 14 kali juara diwakili dengan 7 pembalap. Untuk kelas F1, Finlandia juga tidak kalah dengan Negara lain yaitu dengan menempatkan 3 pembalap sebagai Juara Dunia F1. Bahkan ada anekdot di dunia olahraga Otomotif, “Jika anda ingin sukses di Olahraga Otomotif pekerjakan orang Finlandia”.

Daftar Juara WRC berdasarkan Negara

NONEGARAJUMLAH PEMBALAPJUMLAH JUARA
1FINLANDIA714
2PERANCIS28
3ITALIA23
4BRITANIA RAYA22
5SPANYOL12
6JERMAN12
7SWEDIA22
8NORWEGIA11

Daftar Juara WRC dari Finlandia

NONAMAJUMLAH JUARATAHUN JUARA
1Juha Kankkunen41986, 1987, 1991, 1993
2Tommi Mäkinen41996, 1997, 1998, 1999
3Marcus Grönholm22000, 2002
4Markku Alén11978
5Ari Vatanen11981
6Hannu Mikkola11983
7Timo Salonen11985

Lalu apa yang membuat Finlandia menjadi Negara yang potensial melahirkan pembalap-pembalap kelas dunia, berikut ini berita otomotif akan mencoba merilisnya untuk anda.

Aturan Mempereloh SIM

Finlandia merupakan Negara tersulit untuk memperoleh SIM karena menerapkan standar yang tinggi. Di Finlandia, jika anda ingin memperoleh SIM anda harus ikut kursus mengemudi formal kemudian mengikuti tes pada musim panas dan tes musim dingin yang dimaksudkan agar anda dapat menguasai kendaraan dalam kondisi jalan dengan suhu panas dan dengan kondisi jalan licin dan bersalju. Dengan peraturan yang sangat ketat ini calon pengemudi yang ingin mendapatkan SIM juga diwajibkan lulus dalam mengikuti 20 jam tes teori dan 30 jam tes praktik mengemudi. Minimal dibutuhkan memerlukan waktu 2 tahun untuk memiliki SIM di Finlandia membuat biaya untuk memperoleh SIM di Finlandia sangat mahal. Aturan ketat dalam mempereloh SIM merupakan salah satu factor warga Negara Finlandia sangat lihai dalam mengendarai mobil. Contoh Specimen SIM Finlandia

Kondisi Jalan.

Di Finlandia banyak jalanan yang bergelombang naik turun, yang sangat memerlukan kewaspadaan dan skill mengemudi anda. Jika musim dingin jalanan di Finlandia akan dipenuhi dengan salju yang menjadikan jalanan licin dan dengan jarak pandang yang kurang baik. Tidak heran jika Pemerintah Finlandia menerapkan aturan ketak dalam membuat SIM karena mengingat kondisi jalan dan semata-mata untuk keselamatan pengemudi. Tidak heran jika warga Negara Finlandia juga sangat lihai mengemudi di jalanan bergelombang dan kondisi jalanan yang licin yang menjadi ciri khas sirkuit WRC.

Kondisi Jalan di Finlnadia

kondisi jalan bersalju di Finlandia

Kondisi Jalan Bergelombang di Finlandia

Kondisi Jalan Bergelombang di Finlandia

Jika saja Indonesia menerapkan aturan SIM yang ketat tentu saja tingkat kecelakaan di Indonesia akan menurun drastis bahkan bukan tidak mungkin dari 220 Juta Rakyat Indonesia yang telah memperoleh SIM dengan ketat ada yang menjadi pembalap-pembalap tangguh karena skill mengemudinya yang mumpuni. Baca Artikel kami tentang Merawat Baterai (Aki) Mobil Anda.

Berita Lainnya

Kirim Komentar