Ertiga Dreza 2016, Asa Suzuki Melampaui Toyota

Share:

e-automotif.com – Lesunya pasar otomotif sejak kuartal terakhir 2015 masih berimbas sampai saat ini. Nilai tukar dolar terhadap rupiah yang masih belum menentu, menjadi faktor penyebab melemahnya pasar otomotif di awal-awal tahun 2016 ini. Hal ini membuat beberapa target pemasaran mobil menjadi turun termasuk Suzuki Ertiga.

Persoalan melemahnya daya beli masyarakat tampaknya tidak membuat pabrikan menjadi urung mengeluarkan produk terbarunya pada tahun 2016 ini. Lihat saja pabrikan seperti Honda dengan BR-V dan Toyota dengan Grand New Avanza 2016.

Baca : Honda BR-V, Mobil Keluarga Murah

Setelah mengeluarkan Ertiga Facelift pada pertengahan tahun 2015, Suzuki baru-baru ini juga akan mengeluarkan Ertiga Dreza 2016 dengan perubahan-perubahan yang signifikan pada sisi interior dan ekterior. Pihak Suzuki melalui PT. suzuki Indomobil Sales (SIS) melihat peluang untuk bersaing memperoleh market share di Low MPV masih terbuka lebar.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2012 lalu, Suzuki Ertiga telah menjadi bagian penting untuk mendongkrak penjualan Suzuki secara keseluruhan. Pada Januari Tahun 2014 Ertiga memberikan kontribusi penjualan total Suzuki sebanyak 37% dengan total penjualan 5.192 unit secara retail. Saat ini Suzuki Ertiga merupakan mobil Suzuki yang paling laku di antara model Suzuki lainnya. Prestasi yang luar biasa mengingat Ertiga sebagai keluarga baru Suzuki.

Baca : Spesifikasi Toyota Grand New Avanza

PT. Suzuki Indomobil Sales tentunya tidak mau membuang potensi Suzuki Ertiga begitu saja dengan membiarkannya tanpa pengembangan. Alasan tersebut maka PT. SIS mengeluarkan versi terbaru yaitu Suzuki Ertiga Dreza 2016 yang diperkenalkan pada awal-awal tahun 2016 ini.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Dreza 2016

Ertiga Dreza merupakan keluarga baru dari Suzuki Ertiga sebelumnya dan merupakan varian tertinggi dari keluarga Ertiga. Menyandang status sebagai varian terbaik di Ertiga, tentu saja Suzuki Membekali Ertiga Dreza dengan fitur-fitur yang lebih baik dari varian-varian di bawahnya seperti GS, GX dan GA.

Dilihat dari ukuran atau dimensi, Suzuki Ertiga sebelumnya memiliki panjang sekitar 4.140 mm sedangkan Suzuki Ertiga Dreza memiliki panjang sekitar 4.325 mm membuat Suzuki Ertiga Dreza memiliki kabin lebih luas dan lega.

Untuk urusan fitur keselamatan, Suzuki Ertiga Dreza juga termasuk lengkap untuk kategori Low MPV mulai dari fitur pengeraman  ABS, EBD, side impact beam sampai dengan double air bag telah disematkan. Untuk fitur keamanan penggunaan Keyless Immobilizer tetap digunakan seperti pada versi sebelumnya.

Untuk urusan desain ekterior, pada bagian depan Suzuki Ertiga Dreza hadir dengan tampang baru yaitu bentuk grill yang lebih gagah dari versi sebelumnya. Tambahan LED dan New Fog Lamp Design juga terpasang di grill dengan garis chrome yang memperkuat aroma elegan di Suzuki Ertiga Dreza. Pada bagian belakang juga mengalami perubahan dengan tambahan desain lampu belakang terbaru, Spoiler Terbaru dengan lampu stop.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Dreza

Tampilan Baru Suzuki Ertiga Dreza (Sumber : Suzuki Promo Bandung)

Tidak ketinggalan emblem Dreza berwarna Chrome seolah mempertegas kemewan pada Low MPV ini. Pada bagian kaki, Suzuki Ertiga Dreza dibekali dengan pelek Alloy desain terbaru two tone color berukuran 15 inch.

Tidak Puas dengan eksterior, Suzuki juga menyajikan interior yang mewah untuk Ertiga Dreza. Pada bagian dashboard disematkan piranti Audio Video dengan  Head Unit 9 inch kompatibel dengan Android System atau iOS. Dashboard dengan two tone colour dicampur nuansa warna panel kayu membuat Suzuki Ertiga Dreza mobil Low serasa High.

Kekurangan Suzuki Ertiga Dreza

Dengan segala tambahan fitur serta desain interior dan Ektreriornya, sangat disayangkan Suzuki Ertiga Dreza masih menggunakan mesin yang sama dengan versi sebelumnya yaitu K14B 4 silender sebaris DOHC, 1400 cc dengan VVT dan Drive By Wire Technology dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan 4 percepatan transmisi otomatis.

Walaupun ciamik dengan tampilan terbaru, tampaknya masih ada yang menyayangkan bentuk Grill terbaru yang rentan dengan masuknya batu kecil atau kerikil kedalam radiator yang mengakibatkan radiator rusak bahkan bocor menurut sebagian pendapat anggota klub Ertiga.

Terlepas dari persoalan di atas, kita patut mengappresiasi terhadap usaha Suzuki dalam mengembangkan Ertiga sebagai Low MPV alternatif yang mumpuni di pasar otomotif Indonesia.

Berita Lainnya

Kirim Komentar