Honda Beat dan Yamaha Mio, Mana lebih Unggul?

Share:

e-automotif.com – di tengah gencar-gencarnya pabrikan otomotif khususnya sepeda motor memperkuat segmen sepeda motor matic, Honda justru menaikkan Harga Honda Beat FI pada tahun 2016 ini. “Pada awal tahun kita akan melakukan penyesuaian harga terbaru honda beat dengan nilai tukar dolar” ujar Johanes Loman, Executif Vice President PT AHM seperti yang dikutip liputan6.

Kisaran kenaikan untuk Harga Honda Beat sekitar 200 ribu sampai dengan 600 ribu tergantung provinsi dealer masing-masing. Kenaikan ini disebabkan nilai tukar dolar yang fluktuatif, kenaikan biaya produksi serta biaya pengiriman untuk daerah tertentu. Seperti di Aceh, Harga Honda Beat mengalami kenaikan dari 15.640.000 menjadi 16.180.000.

Kenaikan harga juga dialami segmen motor honda lainnya seperti Honda CBR, Honda Revo-FI dan Honda Scoopy. Untuk Honda Scoopy kenaikan selain disebabkan oleh nilai tukar dolar juga karena ada tambah fitur Answer Back System yang baru disematkan pada Scoopy FI.

Walaupun menaikkan harga honda beat FI, pihak PT. AHM tampaknya tidak kuatir ditinggal konsumennya. Ini terbukti dengan penjualan Honda Beat FI menempati posisi teratas di bulan januari 2016 dibanding pesaingnya seperti Yamaha Mio.

Kehadiran varian baru Beat Pop esp juga tidak berpengaruh terhadap penjualan Honda Beat FI, malah membuat banyak pilihan konsumen terhadap sepeda motor matic Honda.

Harga Jual Honda Beat Lebih Tinggi

Sejak diperkenalkan pada tahun pada tahun 2008, Honda Beat dipercaya akan mengungguli pesaingnya seperti Yamaha Mio. Honda Beat diklaim lebih lincah dan irit tapi tetap bertenaga di tanjakan. Dengan desain yang lebih simple, dan balutan ban belakang yang lebih besar, membuat honda beat lebih nyaman dan aman dikendarai pada jalan bergelombang.

Baca : Perbandingan Honda dan Yamaha

Satu hal lagi yang membuat Honda lebih unggul dari Yamaha yaitu nilai jual kembali Honda Beat yang lebih baik dari Yamaha Mio. Beberapa konsumen yang telah membeli Yamaha Mio mengeluhkan nilai jual kembali Yamaha Mio yang turun drastis dari harga beli. Yamaha Mio Bekas tahun 2010 saat ini hanya memiliki harga jual sekitar 3 juta s/d 4 Jutaan, sedangkan Honda Beat tahun yang sama bisa mencapai harga 8 Jutaan.

Harga Yamaha Mio Lebih Murah

Yamaha Mio merupakan motor matic yang lebih senior dibanding dengan Honda Beat, Yamaha Mio diperkenalkan pada tahun 2003. Yamaha Mio sempat menjadi idola motor matic di Indonesia di awal-awal kehadirannya dengan desain mungil dan ramping. Yamaha sendiri saat itu mengincar segmen pasar anak muda khususnya kaum hawa.

Yamaha Mio memiliki tarikan yang lebih agresif dan spontan dibandingkan Honda Beat dengan harga yang ditawarkan juga lebih murah dengan spesifikasi mesin sama dengan Honda Beat. Keunggulan tenaga Yamaha Mio menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen.

Yamaha Mio Versus Honda Beat

Yamaha Mio M3 dan Honda Beat Pop esp

Mau tidak mau, baik pihak Yamaha dan Honda harus bersaing dalam memperoleh perhatian konsumen, karena Yamaha Mio dan Honda Beat memiliki segmen pasar yang sama.  Dengan menawarkan fitur-fitur terbaru dan teknologi motor matic terbaru bisa menjadi solusi bagi kedua pabrikan ini.

Lihat saja, ketika Honda mengeluarkan versi Honda Beat FI, Yamaha tidak mau ketinggalan dengan melahirkan Yamaha Mio FI. Ketika Honda mengeluarkan varian Honda Beat FI esp dan Honda Beat Pop esp, Yamaha juga memperbanyak varian Mio seperti Yamah Mio J, Yamaha Mio Soul, Yamaha Mio Soul GT sampai dengan Yamaha Mio M3 dengan kapasitas mesin lebih besar.

Nah masih ragu pilih Honda Beat FI esp atau Yamaha Mio beserta variannya ?. Ada baiknya pelajari dulu fitur-fitur yang ditawarkan dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Berita Lainnya

Kirim Komentar