Honda Mobilio, Debut Brilian Di Kelas Low MPV

Share:

e-automotif.com – Tahun 2016 ini merupakan tahun kedua Honda Mobilio sejak pertama diperkenalkan januari tahun 2014 lalu. Walaupun keluarga muda dari mobil honda, mobilio berhasil terjual sebanyak 42.932 unit di tahun 2015. Meraih penjualan terbesar dari seluruh penjualan Mobil Honda, Mobilio memang mendapat tempat di pasar otomotif Indonesia khususnya segmen Low MPV.

Kehadiran versi terbaru Low MPV lainnya dari berbagai pabrikan lain seperti Grand New Avanza dan Suzuki Ertiga Dreza  di tahun 2016, tidak lantas membuat pihak Honda melakukan perubahan Mobilio baik dari sisi ekterior dan interior. Terlihat pihat PT Honda Prospect Motor selaku pemegang merek mobil honda, masih percaya dengan desain Honda mobilio saat ini untuk menghadapi persaingan di low MPV tahun 2016.

Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap mobil keluarga yang terjangkau dengan desain dan fitur-fitur yang tidak ketinggalan, menjadi penyebab mobilio diterima dengan baik di mata konsumen. Betapa tidak, Mobilio mobil segmen low MPV ini menawarkan banyak varian dengan keunggulan fitur-fitur dan  desain yang mewah baik interior dan ekteriornya.

Spesifikasi Lengkap Honda Mobilio 2016.

Tidak berbeda dengan Honda Mobilio 2015, tahun 2016 ini pihak honda masih menggunakan desain dan mesin yang sama dengan tahun lalu. Secara umum, tidak ada perbedaan spesifikasi yang signifikan dengan pesaingnya Toyota Grand New Veloz   jika dilihat dari sisi mesin dan fitur-fitur tambahan lainnya.

Spesifikasi Mesin Honda Mobilio

Masih menggunakan mesin yang sama dengan tahun lalu, Honda Mobilio dibekali dengan mesin 1,5 liter SOHC dengan 16 katup i-Vtec. Sedangkan Grand New Veloz menggunakan mesin 1,5 liter DOHC 16 katup Dual VVTi. Dengan sistem suplai bbm  Injeksi PGM-FI membuat Honda Mobilio menjadi low MPV yang efisien yang bahan bakar.

Yang berbeda Honda Mobilio dengan Grand New Veloz terletak pada sistem penggerak. Honda Mobilio menggunakan sistem penggerak ban depan (Front Wheel Drive) sedangkan Grand New Veloz menggunakan sistem penggerak ban belakang (Rear Wheel Drive). Dengan menggunakan penggerak ban depan, Honda Mobilio  pada jalanan perkotaan yang berkarakter lurus dan rata. Tidak mengherankan bagi masyarakat perkotaan, Honda Mobilio menjadi pilihan tepat low MPV.

Keunggulan Honda Mobilio Transmisi Matic sudah menggunakan teknologi CVT, sedangkan pesaingnya dari Toyota masih menggunakan Transmisi Matic konvensional dengan 4 percepatan.

Performa Mesin Honda Mobilio

Dengan mesin 1,5 liter SOHC, Honda Mobilio menghasilkan daya maksimum pada 6.600 RPM dengan 118 PS, lebih besar dari pesaingnya Grand New Veloz yang menghasilkan daya maksimum 104 Ps pada 6.000 RPM.

Untuk  kompresi mesin Honda Mobilio lebih rendah yaitu 10,3 : 1 , ini sebabnya jika Honda Mobilio masih layak menggunakan BBM berjenis Premium, sedangkan Grand New Veloz memiliki rasio kompresi 11,5 : 1 dan lebih bagus jika menggunakan BBM berjenis RON90.

Dimensi Honda Mobilio

Honda Mobilio memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebar dari Grand New Veloz, artinya Honda Mobilio memiliki kabin yang lebih luas dan jarak bangku penumpang yang lebih lega.

Spesifikasi dan Perbandingan Honda Mobilio dengan Toyota Grand New Veloz

Ruang cabin Honda Mobilio lebih lega

Grand New Veloz, memiliki Ground Clearance sebesar 200 mm, lebih tinggi dari Honda Mobilio yang hanya 189 mm, membuat Grand New Veloz aman dan mudah melalu jalan berbatu, dan polisi tidur.  Berikut ini data dimensi singkat Honda Mobilio.

Panjang                    : 4.386 mm
Lebar                        : 1.683 mm
Tinggi                       : 1.603 mm
Jarak Sumbu Roda : 2.650 mm
Radius Putar           : 5,2 Meter
Kapasitas Tangki    : 42 Liter
Ground Clearance   : 189 mm

Fitur – Fitur Honda Mobilio

Untuk fitur hiburan, baik Honda Mobilio dan Grand New Veloz sama-sama dibekali dengan 6,1 inch head unit touch screen support Android dan iPod. Untuk Keamanan, Keduanya juga dilengkapi immobilizer dan keyless entry.

Spesifikasi dan Perbandingan Honda Mobilio dengan Toyota Grand New Veloz

Cabin Honda Mobilio dengan Head Unit 6.1 Inch

Walaupun sama-sama sudah disematkan fitur keselamatan Dual Air Bag dan ABS (Anti-lock Braking System), hanya Honda Mobilio yang juga sudah mengaplikasikan piranti EBD (Electronic Brake Force Distrubution) yang berfungsi untuk mendistribusikan daya pengereman yang tepat pada setiap roda dengan mempertimbangkan kondisi jalan.

Nah Demikian Ulasan singkat kami tentang Honda Mobilio khususnya varian E Prestige yang kami komparasikan dengan Toyota Grand New Veloz Terbaru. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sebagai Konsumen yang bijak, baiknya anda mempelajari terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anda dalam membeli. Semoga dapat membantu. Baca Juga : Suzuki Jimny 2016, Legenda Terlahir Kembali.

 

Berita Lainnya

Kirim Komentar