Ini Yang Baru di Motogp 2016

Share:

e-automotif.com – Dalam beberapa pekan lagi pagelaran motogp 2016 akan segera dimulai. Semua tim peserta motogp saat ini sedang sibuk-sibuknya melakukan uji coba mesin baru yang akan digunakan pada m0togp 2016. Serangkaian free practice pre session sudah dilakukan seperti di Valencia dan Sepang.

Ada beberapa hal yang berubah dari penyelenggaraan Motogp 2016 kali ini. Walaupun jumlah seri tetap sama dengan tahun lalu yaitu 18 seri, tapi ada yang berbeda di sirkuit  yang akan digunakan. Sirkuit Amerika Indianapolis Speedway tidak digunakan lagi karena sudah habis kontrak dengan pihak DORNA sebagai penyelenggara motogp 2016. Sebagai gantinya akan digunakan Sirkuit Red Bull Ring Spielberg Austria pada seri ke 10.

Pergantian sirkuit dari Indianapolis ke Red Bull Ring tentunya akan menjadi tontonan menarik karena setiap rider harus beradaptasi terlebih dahulu. Hal ini diamini oleh Marc Marquez yang pernah melakukan uji coba tahun lalu di Red Bull Ring, “Lintasan Red Bull Ring memiliki lintasan naik turun, Itu pasti membuat balapan 2016 di Red Bull Ring Menjadi lebih menarik” demikian ujar Marc.

Peraturan dan Regulasi Baru Motogp 2016

Sirkuit Baru Red Bull Ring Austria akan mengisi kalender Motogp 2016

Perubahan Regulasi Motogp 2016

Selain perubahan sirkuit penyelenggara motogp, ada beberapa regulasi dan peraturan yang berubah di motogp antara lain adalah :

Pemasok Ban Motogp 2016

Penggunaan Ban dari Bridgestone ke Michellin. Motogp 2015 merupakan pegelaran terakhir Bridgestone setelah menjadi pemasok tunggal ban motogp sejak tahun 2009 lalu. Pihak Michellin yang secara resmi menjadi pemasok tunggal untuk motogp 2016, mengaku saat ini masih mencari data untuk mendapatkan  keseimbangan, kinerja serta konsistensi ban. Bahkan pihak Michellin menambahkan diameter dari 16,5 inch yang digunakan Bridgestone menjadi 17 inch.

Penggunaan ECU (Electronic Control Unit)

Pengunaan ECU (Electronic Control Unit) tunggal dari Magneti Marelli. Khusus untuk tim Yamaha, Ducati dan Honda dapat mengembangkan ECU miliknya dengan persetujuan dari ketiganya (Jika Honda mengembangkan ECU maka harus mendapatkan persetujuan dari Yamaha dan Ducati). Penggunaan ECU tunggal artinya menghapus kategori CVT dan Pabrikan pada motogp 2016. Penggunaan ECU pada motogp menjadi pro dan kontra tersendiri.  Masih ingatkah anda ketika motogp 2014 lalu, Marc Marquez begitu mudah memperoleh kemenangan demi kemenangan berkat ECU yang handal dari Repsol Honda.

Peraturan dan Regulasi Baru Motogp 2016

Peralatan Software dan ECU dari Magneti Marelli di Motogp 2016

Sayap Baru Pada Fairing

Penggunaan sayap yang terintegrasi dengan  fairing dengan minimum radius 2.5 mm sebagai alasan safety. Penambahan sayap ini merupakan masukan dari komisi keselamatan motogp. Belum ada pernyataan dari pihak tim mengenai penambahan sayap ini apakah akan memberikan pengaruh negatif atau positif pada performa motor. Sedikit kritik justru datang dari Valentino Rossi yang kurang suka adanya penambahan sayap karena membuat motor tidak terlihat indah. “Motor tanpa sayap, akan lebih terlihat Indah” begitu ujarnya seperti yang dilansir situs resmi motogp.

NewFairing

Sayap pada fairing motor Ducati di motogp 2016

Jatah Mesin

Jatah Penggunaan mesin sebanyak 7 mesin dan pengembangan mesin ditengah-tengah kompetisi dilarang, kecuali untuk tim yang belum merasakan podium pada masa 2013-2015 dapat menggunakan 12 mesin dan dapat melakukan pengembangan mesin sesuai dengan persetujuan.

Bobot Motor

Bobot bersih motor dari 158 kg menjadi 157 kg tanpa pengendara. Perubahan bobot yang dilakukan Dorna merupakan masukan dari para pembalap.  Dengan Perubahan bobot motor, Dorna juga melakukan penyesuaian kembali jatah bahan bakar. Penggunaan jatah bahan bakar  yang sebelumnya 20 liter untuk tim pabrikan dan 24 liter untuk tim kelas terbuka kini diseragamkan semua tim menggunakan 22 liter bahan bakar.

Semua perubahan regulasi yang dilakukan pihak Dorna selaku penyelenggara Motogp 2016 diharapkan agar membawa motogp menjadi lebih kompetitif dan tidak hanya dikuasai oleh pabrikan Yamaha dan Honda. Ikuti terus Berita Motogp 2016 di Portal Berita Otomotif e-automotif.com :

Berita Lainnya

Kirim Komentar