Perbandingan Honda CBR 250 Kawasaki Ninja 250R Yamaha R25

Share:

e-automotif.com – Perkembangan otomotif motor sport kelas 250 cc tambaknya sedang ngetrend saat ini. Ini terlihat dari kompetisi pabrikan dalam menghadirkan Motor Sport kelas 250 cc sangat gencar-gencarnya. Lihat saja dari pertama Kawasaki memperkenalkan Ninja 250 cc kemudian tidak mau kalah honda dengan CBR 250 cc diluncurkan oleh pihak AHM.  Belum lama ini Yamaha juga mulai meramaikan persaingan segmen motor sport 250 cc dengan Yamaha R25.

Apa saja kelebihan keunggulan dan juga spesifikasi harga dari ketiga motor sport 250. Mari kita ulas satu persatu ya.

Honda CBR 250R

Untuk urusan kualitas mesin tentu saja produsen Honda sudah sangat dikenal di mata masyarakat Indonesia. Denga jaringan purna jual dan spare part yang luas, rasanya bukan hal sulit untuk melakukan promosi dan pemasaran untuk Honda CBR 250R terbaru. Dengan dibekali mesin DOHC satu silinder dan teknologi Fuel Injection membuat Honda CBR 250R  merupakan motor sport teririt di kelasnya. Bayangkan saja dengan 1 liter bensin anda sudah dapat menempuh jarak 32 km. Riding Position dan handling dari Honda CBR 250R ini juga sangat nyaman dan enak tidak membuat pengendara lekas pegal-pegal. Harga yang ditawarkan juga sedikit murah dari motor sport Kawasaki Ninja 250R yaitu 40 juta untuk CBR 250R dan 47 Juta Untuk Honda CBR 250R ABS. Perbandingan Honda CBR 250 Kawasaki Ninja 250R Yamaha R25

Untuk kelas motor premium seperti Honda CBR 250R, seharusnya pihak AHM memberikan kualitas premium dari sisi penampilannya. Ini jauh berbanding terbalik dengan kualitas cat pada Honda CBR 250R. Cat yang kurang rapi jauh dari kesan motor sport. Tampilan spakbor belakang juga mirip dengan Mega pro membuat tampilan Honda CBR 250R “looks like Mega Pro”. Menempat Motor sport dengan satu silinder tentu saja membuat rider sedikit ilfil dengan Honda CBR 250R walaupun secara performa mesin lebih unggul dengan 2 silinder Kawasaki 250R atau Yamaha R25, tapi melihat brand motor sport tentu saja para rider lebih antusias  memilih 2 silinder agar tampak mesin motor lebih besar dan garang.

Kawasaki Ninja 250R

Kawasaki, salah satu pabrikan yang serius menggarap segmen motor sport setelah beberapa produknya di kelas motor bebek tidak memberikan kontribusi penjualan yang berarti dan lebih memilih mengembangkan varian Ninja yang lebih prospektif dibandingkan dengan motor Kawasaki lainnnya. Alasan tersebut membuat Kawasaki lebih fokus  pada motor sport di pasar motor Indonesia. Lihat saja beberapa variant motor sport yang telah dipasarkan oleh Kawasaki seperti Kawasaki Z250, Kawasaki Ninja 650 kemudian yang terbaru Kawasaki H2 dan H2R. Tidak salah lagi Kawasaki dijuluki ahli motor sport di Indonesia.

Baca : Honda Beat Vs Yamaha Mio Mana Lebih Unggul?

Kawasaki Ninja 250R merupakan motor sport pertama di Indonesia dengan kapasitas 250 cc, menjadikan Kawasaki lebih teruji pada kelas ini. Menggusung Mesin 4 Tak 249 cc  dengan 2 silinder sejajar (walaupun ada juga yang satu silinder), Kawasaki Ninja 250R menghasilkan tenaga  26 hp pada 10800 rpm bdan torque 17 nm pada 8500. Perbandingan Honda CBR 250 Kawasaki Ninja 250R Yamaha R25

Desain body terbaru dengan Dual Head Lamp Unit membuat Kawasaki lebih cantik (perspesi penulis) sam seperti tampilan depan Yamaha R25. Fairing lebih rapi dari Honda CBR 250R, dan spakbor belakang lebih mencirikan motor sport. Yang terpenting suara knalpotnya lebih garang dari Honda CBR 250R.

Urusan bahan bakar, Kawasaki Ninja 250R lebih boros dari pada Honda CBR 250R walaupun sekarang sudah ada versi Kawasaki Ninja 250R FI. Untuk mendapatkan layanan purna jual dan spare part, tentu saja tidak semudah Honda CBR 250R, belum lagi harga yang ditawarkan Kawasaki, untuk Kawasaki Ninja 250R dilepas dengan harga 53 juta, Kawasaki Ninja R250 ABS 56 Juta serta Kawasaki Ninja 250R FI sekitar 61 jutaan.

Yamaha R25

Seperti Yamaha mulai tergiur dengan market share segmen motor sport 250. Setelah menjadi nomor dua di bawah honda pada segmen bebek dan motor matic, tidak tanggung-tanggung Yamaha mengeluarkan langsung dua versi 250 cc yaitu Yamaha MT25 dan Yamaha R25. Yamaha R25 diharapkan punya potensi untuk meraup keuntungan di kelas motor sport dan menjadi pesaing produsen pendahulunya seperti Kawasaki dan Honda. Yang terpenting, Yamaha tidak mau kehilangan muka dan hanya berkutat pada bebek, matic atau paling-paling kelas 150 cc.

Baca : Perbandingan Yamaha MT25 dengan Kawasaki Z250

Mengadopsi mesin DOHC dua silinder bergaris dengan 8 valve, Yamaha R25 mampu menghasilkan tenaga 30 Hp pada . Sama halnya dengan motor Yamaha lainnya, Yamaha R25 sudah menggusung teknologi Blue Core, teknologi yang menjadi strategi penjualan Yamaha saat ini. Blue Core diklaim oleh Yamaha mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar tapi tetap membuat motor bertenaga juga membuat sistem pembakaran lebih sempurna. Singkatnya Blue Core merupakan teknologi Yamaha yang ramah lingkungan tanpa menghilangkan kecepatan yang menjadi ciri khas Yamaha.

Perbandingan Honda CBR 250 Kawasaki Ninja 250R Yamaha R25

Secara keseluruhan, baik desain dan mesin Yamaha diyakini bisa bersaing dengan Honda CBR 250R dan Kawasaki Ninja 250R. Tambahan LED yang disematkan di head lamp merupakan nilai tambah untuk Yamaha. Sayangnya lampu sein yang disematkan sama dengan Vixion juga kunci kontak yang tidak ditambah pengaman lainnya. Mungkin produksi massal sehingga untuk menghemat biaya produksi, Yamaha menggunakan part motor lain.

Dari sisi harga dan spesifikasi mesin, Yamaha R25 lebih reasonable untuk dimiliki oleh sebagian rider sebagai alternatif dari Honda CBR 250R dan Kawasaki Ninja 250. Dengan jaringan purna jual dan spare part dari Yamaha yang hampir sama luas dengan Honda saat ini, tentunya Yamaha sangat Optimis dengan penjualan Yamaha R25. Harga Yamaha R25 saat ini dilepas ke pasaran 52,8 Juta Rupiah serta untuk Harga Yamaha R25 ABS Rp. 59 Juta.

Kesimpulan : Pilihan ada di para rider sendiri, bandingkan mana yang paling cocok untuk gaya berkendara anda. [rzt/ e-automotif.com]

Berita Lainnya

Kirim Komentar