Perbandingan Mobil Murah di Indonesia

Share:

e-automotif.com – Semenjak diberlakukannya peraturan Menteri Perindustrian No.33/M-IND/PER/7/2013 tentang pengembangan industri kendaraan bermotor roda empat hemat energi dan harga terjangkau, geliat pabrikan di Indonesia untuk memproduksi mobil murah semakin bergairah. Dengan memanfaatkan kemudahan  bagi mobil berkategori LCGC (Low Cost Green Car), pabrikan otomotif yakin bahwa mobil murah merupakan pangsa pasar yang tepat di Indonesia. Menikmati kemudahan seperti keringanan pajak bagi mobil murah LCGC juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah NO 41 Tahun 2013. Tidak tanggung-tanggung Pemerintah memberikan pajak 0% (nol persen) untuk program mobil murah hemat energi LCGC seperti yang disebutkan pada pasal 3 point 1.b di PP No 41 Tahun 2013.

Pihak Toyota bekerjasama dengan Daihatsu kemudian memhasilkan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sebagai mobil murah LCGC pertama yang dipasarkan di Indonesia. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla langsung mendapatkan respon positif di pecinta otomotif di Indonesia dengan penjualan yang makin meningkat dari bulan ke bulan pada tahun pertamanya. Dari hal ini memancing pabrikan lain untuk mengembangkan teknologi mobil murah dengan memanfaatkan regulasi pemerintah mengenai program mobil murah hemat energi atau LCGC.

Perbandingan Harga dan Spesifikasi Mobil Murah Terbaru di Indonesia

Kia Morning

Dengan desain mengikuti saudaranya Kia Picanto, Kia Morning hadir dengan mesin lebih kecil yaitu 998 cc 3 silinder. Secara desain ekterior, Kia Morning memang menarik menurut penilaian kami, dengan tampilan grille tiger nose yang menjadi ciri khas Kia saat ini. Tambahan bumper depan yang sama dengan Kia Picanto akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Melihat lebih dalam lagi ke dalam kabin, Desain Interior Kia Morning yang lebih futuristik sama menariknya dengan desain ekteriornya. Bahan material yang digunakan dalam bagian kabin pengemudi juga lebih halus dan rapi jauh dari kesan mobil murah. Secara tampilan fisik baik eksterior dan interior Kia Morning kami nilai lebih unggul dari mobil murah lainnya.

Mobil Murah Kia Morning

Kia Morning

Walaupun desain Interior dan desain Ekterior yang menawan tapi tidak sejalan dengan performa yang ditawarkan. Dengan mesin 998 cc 3 silinder, Kia Morning mampu menghasilkan tenaga maksimum 69 dk pada 6500 rpm dan torsi maksimum 94 Nm pada putaran mesin 3500 rpm. Performa tersebut hampir sama dengan toyota Ayla yang harganya lebih murah dari Kia Morning yang berharga sekitar 128 Jutaan. Dari sisi performa agak sulit bagi Kia memikat calon konsumen mobil murah di Indonesia.

Mobil Murah, Interior Kia Morning

Interior Menawan Kia Morning

Hal ini dapat dimaklumi karena Kia Moning belum sepenuhnya mobil murah LCGC karena berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian, Mobil LCGC harus di impor dalam keadaan tidak lengkap atau terurai atau IKD Incomplete Knock Down), sedangkan Kia Moring masih diimpor secara lengkap atau CBU (Complete Built Up). Dari penggunaan logo kendaraan, mobil berlabel LCGC wajib menggunakan identitas Indonesia, sedangkan Kia Morning masih menggunakan logo dari KIA. Kia Morning yang belum masuk ketegori mobil murah LCGC masih belum bisa menikmati keringanan pajak yang diberikan pemerintah. Tampaknya sulit bagi Kia Morning dengan spesifikasi mobil murah untuk bersaing tanpa dukungan LCGC dari pemerintah.

Datsun Go+ Panca

Datsun, semenjak diambil alih Nissan tampaknya lebih memfokuskan diri pada segmen mobil murah harga terjangkau. Ini terbukti dengan produk anyarnya yaitu Datsun Go+ Panca yang masuk dalam kategori mobil murah LCGC. Menariknya, jika podusen lainnya lebih memilih sedan hatcback sebagai mobil murah, Datsun justru memilih tipe MPV 7 penumpang sebagai mobil murahnya. Tentunya ini salah satu daya tarik sendiri bagi konsumen yang lebih memilih mobil murah keluarga dengan penumpang yang lebih. Saat ini baru Datsun yang mengeluarkan mobil murah dengan tipe MPV 7 penumpang, walaupun Toyota dan Daihatsu akan menyusul dengan Calya dan Sigra.

Mobil murah LCGC Datsun Go+

Datun Go+

Datsun Go+ panca memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dari Kia Morning, Agya dan Karimun Wagon R dengan 1.198 cc 3 silinder segaris, Datsun Go+ mampu menghasilkan tenaga 68 dk dan torsi maksimum 104 nm. Performa Datsun Go+ juga tidak dapat dipandang sebelah mata, dengan mesin 1.198 cc, Datsun mampu melaju 0-100 km/jam hanya dengan waktu 13,3 detik. Dimensi Datsun yang lebih besar dibandingkan dengan mobil murah lainnya serta ruang bagasi yang lega, Datsun Go+ layak jadi ancaman bagi pabrikan otomotif lainnya.

Spesifikasi dan perbandingan mobil murah di Indonesia

Interior Datsun Go+

Harga yang ditawarkan juga sangat menarik yaitu pada kisaran 85 jutaan untuk varian terendah Datsun Go+ Panca tipe D dan sekitar 105 Jutaan untuk varian tertinggi Datsun Go+ Panca T Active yang kaya dengan fitur seperti Immobilizer dan keyless Alarm sebagai fitur keamanan serta Body Side Moulding sebagai fitur keselamatan.

Kekurangan Datsun Go+ berdasarkan pengalaman kami terdapat pada handling yang kurang maksimal dan getaran mesin masih sangat terasa. Hal ini mungkin disebabkan dari mesin 1.198 cc yang hanya menggunakan 3 silinder, berbeda dengan Honda Brio Satya yang memiliki kapasitas mesin yang sama tapi dengan 4 silinder.

Honda Brio Satya

Untuk performa, tidak diragukan lagi Honda Brio Satya menduduki peringkat pertama dengan menjadi yang tercepat di kelas mobil murah LCGC. Dengan mesin berkapasitas 1.198 cc 4 silinder segaris, Honda Brio Satya mampu menghasilkan tenaga maksimal 88 dk pada 6000 rpm dan torsi maksimum 109 nm pada 4500 rpm dan mampu melesat pada 0-100 km/jam hanya dengan waktu 10,8 detik. Dengan teknologi Drive By Wire menjadikan akselerasi Honda Brio lebih halus dan more fun to drive.

Spesifikasi dan perbandingan mobil murah di Indonesia

Honda Brio Satya 2016

Dari sisi desain interior dan ekterior, Honda Brio juga tidak kalah menarik dengan mobil murah lainnya. Honda Brio Satya memang mengincar segmen yang sedikit berbeda dengan mobil murah lainnya. Segmen anak muda dan Eksekutif muda kelas menengah atau mahasiswa menjadi fokus pasar Honda Brio. Desain ekterior dan interior yang sporty dan bagasi yang tidak terlalu luas terkesan anak muda yang identik dengan praktis. Belum lagi Honda Brio Satya 2016 ini tampil dengan grille barunya yang lebih sporty.

Spesifikasi dan perbandingan mobil murah di Indonesia

Interior Mewah Brio Satya

Toyota Agya

Sebagai mobil pertama yang berlabel LCGC yang dijual kepasaran, Toyota Agya tidak dapat diremehkan begitu saja. Dengan label Toyota yang mempunyai jaringan purna jual dan after sales yang luas menjadi kekuatan tersendiri bagi Toyota Agya. Agya tetaplah Toyota, walaupun berlabel mobil murah tapi emblem Toyota sebagai trend mark tetap saja menjual.

Spesifikasi dan perbandingan mobil murah di Indonesia

Toyota Agya Terbaru

Dibekali dengan mesin 1KR-DE 998 cc dengan 3 silinder segaris DOHC, Toyota Agya mampu menghasilkan tenaga maksimal 69 dk pada 6000 rpm dan torsi maksimal 88 nm pada 3.600 rpm. Toyota Agya mampu melesat 0-100 km dengan waktu 13,7 detik. Fitur-fitur keamanan dan keselamatan standar seperti ABS, Dual SRS Airbags juga telah disematkan pada Toyota Agya.

Spesifikasi dan perbandingan mobil murah di Indonesia

Interior Toyota Agya

Baca : Perbandingan Agya dan Brio

Harga Toyota Agya saat ini berkisar sekitar Rp. 113 jutaan untuk varian terendah Toyota Agya E M/T dan sekitar Rp. 135 Jutaan untuk varian tertinggi Toyota Agya TRD S A/T. Harga ini sangat sesuai dan bersaing dengan mobil murah LCGC lainnya.

Suzuki Karimun Wagon R

Sedikit berbeda dengan mobil murah lainnya dengan tampilan sedan hacthback serta MPV 7 penumpang, Suzuki mencoba menawarkan Karimun Wagon R dengan desain mungil boxy ala city car. Walaupun mungil, Suzuki menyematkan bumper yang lebar serta grille yang menyatu dengan lampu depan dan tambahan logo S menambah manis dan sporty. Suzuki tampaknya berani mencoba menawarkan desain yang tidak lazim di kalangan pencinta otomotif di Indonesia.

Suzuki Karimun Wagon R Mobil Baru Harga 100-150 Juta

Suzuki Karimun Wagon R GS

Hadir dengan mesin bertipe K10B 998 cc dengan 3 silinder segaris DOHC, Suzuki Karimun Wagon R mampu menghasilkan tenaga maksimum 68PS pada 6200 rpm dan torsi maksimum 90Nm pada 3500 rpm. Ditunjang transmisi manual 5 percepatan membuat Suzuki Karimun Wagon R mantap untuk dikendarai. Sama halnya dengan mobil murah LCGC lainnya, Suzuki Karimun Wagon R telah disematkan fitur seperti Airbag, ABS sebagai kelengkapan mengemudi.  Lebih menarik lagi, selain transmisi manual, Suzuki Karimun R juga tersedia dengan transmisi AGS (Auto Gear Shift). Teknologi yang memungkinkan pengendara memilih transmisi manual atau automatis sehingga akan menambah kemudahan berkendara dan akan mengefiesienkan bahan bakar.

Spesifikasi dan perbandingan mobil murah di Indonesia

Interior Suzuki Karimun Wagon R GS

Saat ini bahkan Suzuki telah meluncurkan Suzuki Karimun Wagon R GS sebagai varian tertinggi. Dengan desain lebih stylish dan pilihan warna yang lebih banyak. Dengan interior yang berkelas Suzuki Karimun Wagon R GS Hadir dengan nuansa hitam di bagian kabin.

Demikian ulasan mengenai perbandingan mobil murah LCGC yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda dalam menentukan pilihan mobil murah yang akan anda beli.

Berita Lainnya

Kirim Komentar