Tips Berkendara Yang Aman Di Jalan Raya

Share:

Tips berkendara aman di jalan raya sebenarnya sangat penting sekali diterapkan sehari-hari. Terutama bagi kita yang aktivitasnya selalu menggunakan fasilitas kendaraan. Lalu lintas di kota besar tentu juga sangat padat dan sibuk sehingga kita harus lebih hati-hati saat berkendara. Belum lagi tingkat kecelakaan sampai saat ini masih tinggi, tidak sedikit pula yang harus menelan korban jiwa karena kecelakaan tersebut.

Baca : Tips Merawat Motor

Untuk mengurangi resiko yang tidak dinginkan saat berkendara, sebaiknya Anda menerapkan tips yang aman berkendara di jalan raya pada ulasan artikel kali ini. Berikut ini Berita Otomotif akan memberikan tips berkendara yang aman tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Konsentrasi saat di traffic light

Fasilitas traffic light atau sering disebut lampu lalulintas bertujuan untuk mengatur lalulintas supaya lebih teratur, misalnya lampu lalulintas di sebuah perempatan yang ramai. Banyaknya kendaraan yang melintas di perempatan tersebut perlu diatur dengan lampu lalulintas supaya teratur dan mengurangi resiko kecelakaan.

Tips Berkendara Yang Aman Di Jalan Raya

Konsentrasi di saat anda berada di traffic light demi kelancaran dan kenyamanan berkendara

Namun sayangnya, masyarakat kita masih kurang peduli dan banyak yang melanggar. Tips berkendara aman saat di traffic light adalah menunggu sampai lampu hijau menyala. Sebab banyak dari arah berlawanan atau samping kita sering sengaja tancap gas pada saat lampu mulai kuning.

  1. Konsentrasi pada saat berkendara di dekat mobil

Pengendara sepeda motor biasanya selalu berada di lajur paling kiri pada saat melintas, terutama di jalan raya yang memiliki beberapa jalur dalam setiap lintasan. Tidak semua pengendara mobil yang benar-benar taat dan tertib dalam berkendara, terutama biasanya angkutan umum yang sering naik turunkan penumpangnya di sembarang tempat. Bahkan mereka sering memberi isyarat mendadak ketika akan menepi ke pinggir jalan. Maka untuk menghindari resiko kecelakaan karena kaget dan mobil berhenti mendadak didepan kita, tips berkendara aman di jalan yaitu konsentrasi dan melihat kode lampu serta lampu rem kendaraan didepan kita.

Tips Berkendara Yang Aman Di Jalan Raya

Konsentrasi dan Menjaga Jarak Aman Dengan Kendaraan Lain Salah satu faktor aman dalam berkendara

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan khususnya apabila sedang melintas di jalan raya yang padat dan banyak angkutan umum. Misalnya saat mengendarai sepeda motor, lihat lampu sign kendaraan depan kita, serta posisi mengendarai masih bisa terlihat oleh spion mobil kendaraan didepan kita. Supaya pengemudi mobil didepan kita bisa melihat Anda dan tidak berhenti sembarangan. Dengan demikian resiko kecelakaan bisa diminimalisir dengan tips berkendara aman seperti yang digambarkan disini.

  1. Jangan menyalip kendaraan lain di tikungan

Kecelakaan sering terjadi karena pengemudi kurang hati-hati, biasanya karena kurang memahami rambu-rambu lalulintas. Sebagai contoh dari beberapa kasus yang sering terjadi adalah kecelakaan di jalan yang menikung. Padahal disekitar itu sudah terdapat rambu-rambu lalulintas sebagai tanda peringanan, misalnya tanda adanya tikungan tajam. Berdekatan dengan rambu-rambu tersebut biasanya juga diberi rambu-rambu tanda dilarang mendahului. Namun masih banyak pengendara yang melanggar dan akhirnya naas pun terjadi, itu diakibatkan oleh ulahnya sendiri yang tidak taat dengan rambu-rambu yang ada. Maka tips berkendara aman untuk tidak mendahului kendaraan di tikungan memang sangat penting diterapkan.

  1. Memeriksa tekanan roda kendaraan

Rutin memeriksa tekanan angin roda kendaraan sangat penting, terutama pada jenis kendaraan mobil. Sebab resiko kecelakaan kendaraan juga banyak disebabkan oleh ban kendaraan yang pecah. Sehingga menyebabkan lajunya menjadi oleng tidak terkendali terguling. Bisa saja kejadian tersebut mengakibatkan mobil ditabrak oleh kendaraan lainnya. Tips berkendara aman menggunakan mobil adalah cek tekanan angin sesuai standar mobil. Apabila tekanan angin terlalu rendah maka bisa dipompa sesuai ukurannya. Sehingga resiko kecelakaan akibat roda ban pecah atau bocor bisa dicegah lebih dini. Sama halnya dengan sepeda motor, meskipun resiko ban pecah tidak sebesar resiko mobil tetapi tips ini perlu diterapkan pada jenis sepeda motor.

Masih banyak tips aman untuk berkendara di jalan raya lainnya yang belum sempat kami sampaikan. Misalnya seperti undang-undang terbaru tentang lalulintas yang mewajibkan lampu kendaraan dinyalakan pada siang hari. Diprioritaskan untuk jenis sepeda motor, karena jumlah sepeda motor semakin banyak dan kecelakaan kendaraan didominasi oleh sepeda motor. Dengan demikian penerapan aturan lampu kendaraan menyala pada siang hari bisa membantu menekan resiko. Demikianlah beberapa tips berkendara aman yang bisa Anda terapkan pada saat berkendara untuk mencegah resiko kecelakaan.

Berita Lainnya

Kirim Komentar