Tips Cara Memilih Mobil Bekas Murah Dengan Tepat

Share:

e-automotif.com Memilih mobil bekas tentu tak semudah ketika Anda harus memilih mobil yang masih gress atau baru. Memang, membeli mobil bekas tergolong lebih murah dan terjangkau. Hal ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang tak memiliki budget besar untuk membeli mobil baru. Tak sedikit pembeli yang bingung apa saja aspek yang harus dipertimbangkan ketika membeli sebuah mobil bekas. Hal ini tentu sangat penting agar mobil bekas yang dibeli tetap memiliki spek yang handal dengan kondisi yang prima.

Cara Membeli Mobil Bekas

Meskipun harga mobil bekas murah, namun jika kita salah memilih mobil bekas tentu membuat biaya perawatan pun semakin tinggi. Untuk itulah, Anda wajib memperhatikan beberapa hal ketika membeli mobil bekas. Sehingga, kendaraan yang Anda beli ini pun memberikan kenyamanan saat digunakan. Berikut ini beberapa tips dan cara memilih sebuah mobil Second:

  1. Perhatikan Asal Usul Mobil

Jika Anda tak ingin membeli mobil bodong, hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu dalam memilih mobil bekas ini adalah dengan mengetahui asal-usul dan alasan kenapa mobil yang ditawarkan tersebut di jual, tanyakan secara detail pada pemiliknya apakah mobil pernah mengalami tabrakan, siapa pemilik yang sebelumnya atau pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan asal-usul mobil tersebut. Anda bisa mengamati tampilan eksterior dan interior mobil terlebih dahulu dengan detail.

  1. Tanyakan Pada Ahlinya

Bila Anda tidak begitu memahami tentang mesin-mesin mobil, sebaiknya Anda meminta seorang teman ataupun orang terdekat yang ahli dalam hal mesin mobil. Dengan begitu, ia akan mengetahui bagaimana caranya memilih mobil bekas yang kondisi mesinnya masih prima.

  1. Kondisi Mobil masih Mulus

Sebelum Anda berniat untuk memilih mobil Second, sebaiknya cari mobil dengan kondisi masih mulus. Sebaiknya, Anda tidak membeli mobil bekas tabrakan, agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan nantinya. Selain itu, biasanya mobil yang sudah pernah tabrakan selalu mendapatkan banyak masalah. Anda bisa melihat ciri-ciri dari mobil bekas kecelakaan atau tabrakan seperti bodi yang sudah tidak mulus dan mobil berdempul. Adapun untuk mengeceknya, Anda bisa memakai sebuah magnet agar memeriksa ketebalan dempul mobil. Apabila tidak mudah melekat, hal ini berarti dempul mobil tergolong masih tebal.

  1. Test Drive

Tips memilih mobil bekas berikutnya adalah dengan melakukan percobaan melalui test Drive terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya Anda tak menyesal nantinya. Saat melakukan test Drive ini pastikan mobil bekas tadi masih dalam kondisi prima dengan suara mesin mobil yang halus, bagian suspensi dan kaki-kaki mobil terasa empuk.

Tips Memilih dan Membeli Mobil Bekas

Melakukan test drive salah satu cara anda mengetahui kondisi mobil bekas

  1. Mengecek Jarak Tempuh Mobil

Pastikan Anda mengecek jarak tempuh mobil, supaya Anda tidak membeli mobil yang bekas pakai seperti mobil sewaan atau mobil rentalan. Pastikan jarak tempuh mobil tadi sebanding dengan lamanya waktu pembuatan. Bila Anda menemukan mobil dengan tahun pembuatan dan jarak tempuh yang tidak sesuai, sebaiknya urungkan niat untuk memilih mobil bekas ini. Biasanya mobil pribadi bisa menempuh jarak dengan rata-rata 15 sampai 20 ribu km per tahunnya.

  1. Mengecek Lampu Indikator dan Panel Dashboard

Sebaiknya meminta pihak penjual agar menyalakan bagian mesin mobil, kemudian cek lampu indikator dan fungsi panel di bagian dashboard mobil. Anda harus bisa memastikan bahwa semua panel tadi berfungsi secara maksimal dengan lampu indikator tetap menyala berdasarkan fungsinya.

  1. Suku Cadang dan Perkiraan Biaya Perawatan

Sebelum Anda membeli sebuah mobil bekas, kalkulasikan perkiraan biaya perawatan mobil. Untuk itulah, apabila Anda menemukan ada banyak kelemahan pada mobil bekas tersebut, seperti masalah di bagian bodi mobil yang berkarat, mesin mobil terdengar kasar, mesin yang bermasalah dan masih banyak lagi, sebaiknya tidak memilihnya.

  1. Cek Bagian Kabin dan Plafon

Jangan lupa untuk mengecek bagian kabin dan plafon mobil. Anda harus memastikan kedua bagian ini dalam kondisi yang masih baik dengan fungsi maksimal. Khususnya di bagian plafon ini, jika Plafon terlihat sudah rusak atau menipis, dampaknya temperatur pada kendaraan akan sangat panas ketika siang hari.

Nah, itulah beberapa tips cara memilih mobil bekas agar Anda bisa memakainya dengan nyaman. Baca juga Tips Berkendara Dengan Aman di Jalan. Semoga bermanfaat!

Berita Lainnya

Kirim Komentar