Toyota C-HR, Siap Saingi H-RV dan Juke

Share:

e-automotif.com – Maraknya persaingan di segmen SUV Crossover kelas menengah pada tahun 2016 ini, membuat Toyota tidak mau ketinggalan. Baru-baru ini Toyota direncanakan akan memasarkan SUV anyar mereka Toyota CHR. Toyota C-HR, C-HR yang  merupakan singkatan dari “Coupe High Rider” sendiri sudah diperkenalkan sebagai mobil konsep toyota di ajang Paris Motor Show pada tahun 2014 lalu.

Seperti yang diprediksikan sebelumnya segmen SUV Cross Over akan mengalami trend pasar otomotif positif. Masyarakat Indonesia menyambut hangat segmen SUV Cross Over kelas menengah pada tahun 2016 ini. Ini terbukti dengan penjualan segmen SUV Honda melalui HR-V dan BR-V pada awal tahun ini memberikan kontribusi penjualan yang signifikan. Honda HR-V pada februari ini telah mencapai 8.827 sedangkan Honda BR-V mencatat penjualan 12.202 unit.

Baca : Honda B-RV Mobil Keluarga Harga Murah Tapi Keren

“Penjualan Honda pada awal tahun ini mengalami tren positif terutama pada segmen SUV terbaru BR-V dan HR-V” Ujar Direktur Marketing PT. Honda Prospect Motor Janfis Fandi kepada detikCom. Sambutan hangat pasar terhadap segmen SUV Crossover membuat Toyota ingin mendapatkan bagian.

Untuk kawasan Eropa, menurut rumor yang beredar Pihak Toyota sudah menyiapkan lahan di Inggris untuk memproduksi Toyota C-HR pada awal tahun 2016 ini. Sedangkan pemasaran di Indonesia akan diluncurkan pertengahan tahun 2016.

Spesifikasi Toyota C-HR 2016

Berdasarkan penampilan terakhirnya di Paris Motor Show, tampilan Toyota C-HR sangat sporty dan fungky. Melalui C-HR Toyota berusaha menampilkan sesuatu yang sama sekali baru. Kehadiran Toyota C-HR menepis anggapan bahwa mobil jepang hadir dengan teknologi dan tampilan yang tidak fresh. Untuk produksi masal akan sedikit berbeda dengan konsep. Pihak Toyota akan melakukan perubahan tampilan Toyota C-HR dengan tambahan pintu menjadi 5 pintu seperti pesaingnya Honda H-RV dan Nissan Juke.

Tampak Belakang Toyota C-HR

Bagian Belakang Toyota C-HR yang Futuristik

Mobil konsep Toyota C-HR yang dipamerkan memiliki panjang 4.350 mm lebar 1.850 mm dan tinggi 1.800 mm. Sedangkan untuk mobil Toyota C-HR belum dikonfirmasikan apakah akan memiliki dimensi yang sama dengan mobil konsep.

Melihat dari konsep Toyota C-HR yang ditampilkan, bisa jadi akan mebuat pihak Honda dan Nissan ketar -ketir. Body sporty dengan gril gagah dan head lamp yang sipit dengan LED yang terintegrasi, membuat Toyota C-HR seperti mobil masa depan yang cuma ada di film. Singkat kata untuk desain eksterior Toyota C-HR sangat futuristik dengan desain terbaru yang sporty.

Toyota C-HR Indonesia

Untuk Interior, Toyota C-HR sama seperti dengan pesaing lainnya. Dengan menyematkan head unit touch screen yang support dengan aplikasi android dan iOS sebagai fitur hiburan. Di sisi interior pihak Honda dan Nissan tidak perlu kuatir.

Toyota C-HR Indonesia

Toyota C-HR akan didukung dengan mesin bensin 1.8 liter dan mesin penggerak motor listrik atau hibrid yang ramah lingkungan. Teknologi hibrid sendiri sudah diadopsi oleh Toyota pada variant Toyota Camry Hibrid dan  Toyota Prius. Jika jadi diluncurkan Toyota C-HR akan menjadi Crossover SUV dengan teknologi hibrid pertama yang ada di Indonesia. Kehadiran Toyota C-HR dengan mesin penggerak motor akan menjadi modal dan nilai plus untuk Toyota.

Velg dan Ban Toyota C-HR

Velg dan Ban Toyota C-HR berdiameter lebih besar

Pihak Toyota menghadirkan C-HR untuk segmen pasar yang sama dengan Honda H-RV dan Nissan Juke yaitu segmen anak muda kuliahan serta eksekutif muda. Toyota dengan jaringan pelayanan dan penjualan yang terluas di Indonesia bukan tidak mungkin akan melampaui Honda H-RV dan Nissan Juke. Bisa jadi saat ini Honda H-RV dan Nissan Juke merupakan pilihan alternatif karena Toyota tidak mengeluarkan mobil Crossover SUV yang setara.

Baca : Perbandingan Nissan Juke dan Honda H-RV

Saat ini, Toyota hanya memiliki low SUV Toyota Rush serta Toyota Fortuner yang di atas. Dengan kehadiran Toyota C-HR yang berada ditengah-tengah antara Rush dan Fortuner bisa memberikan pilihan yang beragam SUV Toyota, mengingat pasar untuk mobil SUV saat ini mendapat sambutan pasar yang sangat baik.

Konsumen akan diuntungkan dengan hadirnya Crossover SUV terbaru dari Toyota, sehingga memberikan alternatif pilihan. Persaingan Crossover SUV tentunya akan sangat menarik pada tahun 2016 ini. Tinggal strategi pemasaran dari pabrikan dengan meyakinkan pelanggan bahwa Crossover miliknya yang terbaik. Memberikan insentif dan diskon juga akan menguntungkan pelanggan. Jadi selamat datang Toyota C-HR di Indonesia.

 

Berita Lainnya

Kirim Komentar