Yamaha Xabre, Gebrakan Otomotif di Sepeda Motor

Share:

e-automotif.com – Motor garang, sporty keren  ditambah tampilan naked bike ala street fighter seperti Ducati Monster merupakan kategori motor anak muda saat ini. Pamor otomotif motor yang memperlihatkan otot sasisnya alias nakedbike ini sedang naik daun di Indonesia. Biasanya motor – motor seperti ini berharga 100 jutaan ke atas dengan kapasitas mesin yang besar. Tentu saja bagi yang memiliki budget terbatas akan sulit memiliki motor keren seperti ini, sebagai solusinya biker akan membeli motor yang harga terjangkau lalu melakukan modifikasi dengan mengganti kaki-kaki dan sedikit melakukan up-grade mesin. Fenomena seperti ini sering kita lihat, dan menjadi masukan tersendiri bagi pabrikan salah satunya Yamaha Motor dengan menghadirkan Yamaha Xabre.

Iya, Yamaha motor sudah mengeluarkan edisi nakedbike dengan harga terjangkau dan kapasitas mesin yang lebih kecil yaitu Yamaha Xabre. Setelah mengeluarkan versi Yamaha MT25 yang sama-sama bertema naked bike tapi dengan kapasitas lebih besar, kini Yamaha mencoba memuaskan hati konsumennya dengan mengeluarkan versi naked bike kapasitas lebih kecil yaitu 150 cc dengan harga yang lebih terjangkau. Yamaha Xabre pertama diperkenalkan pada bulan Januari 2016 ini mendapatkan atensi yang sangat baik di hati pecinta otomotif Indonesia. Kehadirannya diyakini akan mengusik Yamaha Vixion atau pabrikan sebelah (Honda) dengan CB150R Street Fire.

Spesifikasi Yamaha Xabre (MT15)

Menggunakan platform yang sama dengan Yamaha MT25, tampilan desain Yamaha Xabre memang kental dengan aroma street fighter yang tidak dimiliki motor-motor naked bike yang ada di Indonesia. Dari desainnya, Yamaha berani menghadirkan sesuatu yang beda dari motor – motor kelas 150 cc dan benar menjadi gebrakan di dunia otomotif Indonesia. Jika pertama kali melihat Yamaha Xabre, anda tidak menyangka motor dengan desain seperti ini memiliki mesin 150 cc dengan semua spare part asli bawaan pabrikan bukan hasil modifikasi. Tengok pada bagian lampu utama, Yamaha benar-benar keluar dari istilah “motor standar” dengan menyematkan head lamp yang sipit bersudut tajam. Biasanya model head lamp ini digunakan oleh motor-motor yang dimodifikasi sang pemilik. Walaupun lampu utama agak sipit dan kecil, anda tidak perlu kuatir dengan kualitas pencahayaannya karena head lamp ini sudah berjenis LED. Lebih jauh lagi, pada bagian tangki yang besar dan tinggi, Yamaha Xabre seolah bukan motor harian, tapi lebih mirip konsep motor stunt bike menambah gagah dan garang. Pada bagian buritan Yamaha Xabre tampak lebih pendek dan bangku penumpang lebih rapat dan dibuat bertingkat. Speedometer yang disematkan juga sangat futuristik dengan tampilan full digital pada layarnya lengkap dengan informasi seperti indikator jarak tempuh, penunjuk rpm dan kecepatan.

Otomotif Motor Indonesia dengan Yamaha Xabre

Valentino Rossi saat peluncuran Yamaha Xabre

Yang menarik lagi, pada bagian kaki, terutama kaki depan, Yamaha Xabre sudah mengadopsi suspensi Upside Down Teleskopik ala Moge dipadu dengan ban depan berukuran 110/70-17 yang lumayan besar. Saat ini hanya Yamaha Xabre satu-satunya motor kelas 150 cc yang menggunakan suspensi Up side Down. Untuk suspensi belakang menggunakan Swing Arm Monosock sama dengan yang digunakan V-Ixion yang nyaman dengan ukuran ban belakang 130/70-17. Sistem pengereman, Yamaha Xabre masih menggusung sistem standar dengan rem depan cakram atau single disc dan juga rem belakang. Singkat kata untuk bagian kaki-kaki, Yamaha Xabre unggul dibandingkan dengan motor sekelasnya.

Otomotif Motor Indonesia dengan Yamaha Xabre

Yamaha Xabre dengan USD dan ban gambot enak diajak bermanuver

Dari sasis utamanya, Yamaha Xabre masih menggusung frame diamond sama dengan Yamaha V-ixion atau Yamaha R15. Bagian belakang disematkan Swing Arm berbahan Alumunium dengan desain banana style untuk menunjang suspensi monosock memberikan aroma touring sekaligus racing pada Yamaha Xabre. Selain desain yang sporty dan stylish Yamaha Xabre 150 juga enak dikendarai dengan handle bar dibuat agak jauh dan pas dengan dudukan pengemudi. Spesifikasi ban tubless yang besar membuat Yamaha Xabre 150 mudah diajak bermanuver di jalan tikungan. Dukungan Suspensi USD (Up-side-Down) membuat Xabre minim getaran pada bagian setang. Memiliki dimensi 795 x 1,955 x 1,065 mm Yamaha Xabre terlihat bongsor umumnya moge, namun jangan kuatir untuk urusan bobot tidak berat seperti moge karena Xabre hanya memiliki bobot 135 Kg mengingat mesinnya yang kecil.

DIMENSI / SUSPENSI / UKURAN BAN 
P x L x T: 1,955 mm x 795 mm x 1,065 mm
Radius putar maksimum: 2400 mm
Jarak sumbu roda: 1,350 mm
Jarak terendah ke tanah: 164 mm
Ketinggian jok: 790 mm
Berat basah: 135 kg
Kapasitas tangki BBM: 10,2 liter
Rangka: Deltabox
Suspensi: Upsidedown 37 mm (depan), Monoshock with banana swingarm (belakang)
Ban depan: 110/70-17 (lebar velg 2,75 inci)
Ban belakang : 130/70-17 (lebar velg 3,50 inci)

Untuk mesin, Yamaha Xabre menggusung mesin yang hampir sama dengan Yamaha Vixion dan R15 dengan kapasitas 149 cc mesin SOHC berpendingan liquid cooler. Spesifikasi mesin Yamaha Xabre tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 12 kw pada putaran 8500 rpm dan torsi maksimal 14,3 nm pada putaran 7500 rpm. Tidak berbeda jauh dengan Yamaha Vixion atau R15 karena basis mesinnya sama.

MESIN 
Tipe Mesin 149cc 4-tak SOHC 4-klep
Bore x Stroke57 mm x 58,7 mm
Rasio kompresi10,4 : 1
Sistem suplaiFuel Injection
PendinginLiquid Cooled
Sistem starterstarter elektrik
Kapasitas oli mesin1,15 liter
Transmisi6 Percepatan

Harga Yamaha Xabre.

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi mengumumkan bahwa harga Yamaha Xabre berkisar Rp. 28.900.000 atau Rp 29 juta untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Harga ini lebih mahal dari Harga Yamaha Vixion atau hampir setara dengan harga Yamaha R15. Selisih harga yang tidak terlalu jauh (sekitar 4-5 juta), membuat kekuatiran beberapa pengamat otomotif bahwa Yamaha Xabre akan menggusur Yamaha Vixion dibantah oleh pihak Yamaha. Pihak Yamaha mengatakan bahwa pasaran harga motor Yamaha walaupun kapasitas mesin sama tapi akan berbeda harga karena segmen pasar dan spesifikasi yang beda seperti Yamaha Xabre dan Vixion. Sedangkan kompetitor lainnya seperti Honda CB150R streetfire mematok harga 25.400.000 dan 26.400.000 untuk CB150R Streetfire special edition (Harga untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya).

Kekurangan dan Kelebihan Yamaha Xabre.

Jika pada pembahasan spesifikasi dan desain sporty dan gahar Yamaha Xabre dan dengan segala kelebihan dan keunggulannya dibanding dengan kompetitor motor sport 150 cc lainnya, tampaknya kita tak perlu lagi membahas apa saja kelebihan dan keunggulan Yamaha Xabre.

Beberapa kekurangan Yamaha Xabre akan kita bahas di sini di antara lain sebagai berikut ini :

  • Terlalu tinggi, untuk yang yang memiliki tinggi 160 cm ke bawah, siap-siap harus jinjit
  • Performa mesin tidak terlalu istimewa dengan harga yang ditawarkan bahkan performa mesin masih lebih baik dari Vixion

Walaupun begitu, pengamat otomotif berkeyakinan bahwa nilai jual yang tinggi dai Yamaha Xabre bukan dari performa mesin tapi lebih di sisi desain dan material yang digunakan. Jadi gimana menurut kalian?. Tertarik dengan motor naked bike street fighter ala moge dengan budget terbatas,  Yamaha Xabre bisa menjadi jawabannya dari pada harus melakukan modifikasi motor lainnya menjadi naked bike moge.  Semoga bermanfaat.

Berita Lainnya

Kirim Komentar